Rabu, 09 Januari 2008

7 Langkah Memulai Bisnis Online

Dalam memulai bisnis online, khususnya bagi pemula, ada 7 langkah yang harus dijalankan.

Langkah 1 : Menentukan Ide
Dalam dunia bisnis online, menentukan ide ini mungkin yang dianggap sulit. Untuk itu carilah ide tentang apa yang kita senangi. Misalnya olah raga, traveling, membaca buku, nonton video, main game, utak atik komputer, dan lain sebagainya. Yang penting kita senang mengerjakannya dan enjoy dengan pekerjaan kita.

Langkah 2 : Memilih Produk
Setelah ada ide tentang bisnis online kita, maka pilihlah jenis produk yang akan dijual. Dalam memilih jenis produk ini, yang perlu diperhatikan adalah jenis produk yang banyak diminati orang. Sehingga kalau kita mengadakan penjualan, aka mendapat penghasilan yang besar. Dalam menjual produk ini, kita tidak usah kuatir kalau kita tidak mempunyai produk. Kita bisa mencari situs-situs yang menjual produk tersebut, kemudian kita mengadakan kerja sama (program affiliasi).

Langkah 3 : Membuat Website
Setelah memilih jenis produk, maka kita harus membuat website tempat kita menjalankan bisnis online. Kalau di dunia offline, apabila kita mau menjalankan bisnis maka kita harus mempunyai Toko untuk tempat menjalankan bisnis kita. Nah di dunia bisnis online, website inilah tempatnya. Buatlah website yang sesuai dengan ide bisnis dan jenis produk yang akan kita pasarkan.

Langkah 4 : Membuat Artikel
Setelah membuat website, maka langkah selanjutnya adalah membuat naskah atau artikel bisnis online tentang produk yang akan di pasarkan yang akan dimasukkan ke dalam website kita. Naskah yang ditulis tidak perlu terlalu rumit atau terlalu ilmiah, yang penting naskah / artikel kita memuat informasi, manfaat, dan membuat orang tertarik dengan produk kita.

Langkah 5 : Membeli Domain
Setelah Website dan artikelnya selesai, maka langkah selanjutnya membeli domain. Domain adalah nama di dunia internet. Nama domain memang harus unik, karena nama domain tidak ada yang sama diseluruh dunia. Dalam memilih nama domain haruslah yang berhubungan dengan ide bisnis dan jenis produk yang aka dipasarkan. Untuk membeli domain ini tidaklah sulit, karena di dunia internet banyak sekali yang menyediakan penjualan domain.

Langkah 6 : Membeli Hosting
Setelah membeli domain, maka langkah selanjutnya adalah membeli/menyewa hosting. Hosting adalah tempat kita di dunia maya yang membuat situs kita jadi online dan bisa diakses di seluruh dunia. Agar nama domain kita tadi bisa diakses diseluruh dunia, maka harus dihubungkan ke hosting. Untuk membeli/menyewa hosting juga tidaklah sulit, karena di dunia internet banyak sekali penyedia hosting.

Langkah 7 : Promosi
Setelah membeli hosting dan bisnis kita sudah online, maka untuk menunjang kesuksesan bisnis online kita, dan agar bisnis online kita dikenal orang diseluruh dunia, maka kita harus melakukan promosi. Dalam dunia bisnis bukan saja di dunia bisnis online, di dunia bisnis offline pun kita harus melakukan promosi. Promosi adalah sarana agar bisnis kita dikenal orang, dan orang akan tertarik membelinya. Semakin banyak melakukan promosi, semakin maksimal hasil yang dicapai.

Ke 7 Langkah tersebut diatas adalah langkah / tahap dasar dalam memulai bisnis online. Tentunya tiap-tiap langkah tersebut masih harus dikembangkan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Bisnis Online,

Tidak ada komentar: